Cara Mencuci Batik agar warna tidak kusam

cara-mencuci-batik

Cara Mencuci Batik agar warna tidak kusam

Cara Mencuci Batik tidak seperti mencuci pakaian pada umumnya, ini dikarenakan karakteristik, proses pembuatan batik serta bahan yang digunakan tidaklah seperti pakaian biasa. Untuk itulah penanganan batik ini haruslah hati – hati agar warna batik itu sendiri tidak buram atau kusam dan batik itu sendiri tidak rusak.

Dalam penanganan Cara Mencuci batik tidak boleh menggunakan detergent yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian biasa, tetapi menggunakan detergent khusus seperti LERAK. Detergent Lerak ini memakai Sapindus Rarak de Candole atau populer dengan sebutan Lerak alias Lamuran sebagai bahan baku utama.
Biji pohon Lerak mengandung Saponin yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci dan pembersih. Detergent Lerak tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga ampuh membersihkan kotoran dan mengawetkan warna pakaian. Detergent Lerak paling cocok untuk mencuci kain batik guna menjaga kualitas warna dan kain.

Berikut ini tips mencuci kain batik yang benar:

1. Persiapkan terlebih dahulu detergent untuk batik atau yang biasa disebut dengan Lerak.
2. Batik tidak boleh dicuci dengan mesin cuci, gunakan tekhnik handwash atau dengan kata lain mencuci menggunakan tangan.
3. Siapkan ember/bak dan masukkan lerak secukupnya.
4. Rendam kain batik kedalam larutan lerak, rendam sekitar 20-30 menit.
5. Kain batik jangan sekali-kali disikat, dikucek atau diperas hal tersebut akan merusak warna dan corak kain batik jika dilakukan,
cukup dengan mengangkat dan mencelupnya saja.
6. Bilas dan rendam kembali kain batik dalam air dingin lebih kurang 10-15 menit.
Jangan ditambahkan chemical lainnya selain detergent lerak.
7. Setelah selesai proses tersebut, angkat kain batik jangan sekali-sekali memeras kain karena dapat merusak serat kain.
8. Gantung kain batik dengan hanger lalu dijemur ditempat yang teduh, jangan sampai terkena sinar matahari langsung.
9. selesai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *